Emas: Pengertian dan Cara Investasi Emas Menguntungkan

Kebanyakan orang menganggap bahwa emas adalah barang yang sangat bernilai dan berharga, selain permata dan berlian. Dimana nilai emas sendiri akan selalu naik dari waktu ke waktu. Kondisi inilah yang menyebabkan emas cocok untuk alat atau media investasi. Karena tentu nilai emasnya akan semakin naik di masa depan dan bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi investor.

Pengertian Emas

Emas adalah salah satu jenis logam mulia yang memiliki warna kuning gelap bersinar. Ia pun bisa dibentuk menjadi beragam jenis dan model sehingga bisa memberikan nilai estetika atau keindahan tersendiri. Karena itulah emas menjadi bahan utama dan paling banyak dipakai untuk membentuk cincin, kalung, gelang dan jenis-jenis hiasan yang lain.

Emas juga biasa dikenal dengan jenis logam dengan harga yang mahal. Sifat yang dimiliki oleh emas sendiri tergolong lunak dan mudah untuk dibentuk. Bahkan, benda ini memiliki tingkat kekerasan yang mencapai 2,5-3 skala mohs. Namun, untuk menentukan berat jenis dari emas sendiri dipengaruhi oleh seberapa berat jenis logam lain yang dipadukan dengan emas tersebut.

Emas tidak hanya bermanfaat sebagai perhiasan, namun ia juga bermanfaat untuk berbagai hal lain. Misalnya kesehatan gigi, perlengkapan untuk pesawat luar angkasa, produksi perangkat elektronik, bahan khusus untuk membuat suatu penghargaan dan sebagainya. Dan manfaat dari emas yang tidak kalah penting adalah untuk kebutuhan investasi. Dan investasi sendiri sangat penting di era saat ini.

Jenis Emas

Ada berbagai jenis emas yang ada di dunia ini. Dan antara satu jenis dengan jenis yang lainnya memiliki perbedaan karakter dan sifat. Selain dari segi karakter dan kualitasnya, jenis emas tersebut kadangkala berbeda dari segi warna. Berikut ini adalah beberapa jenis emas yang harus Anda ketahui.

1. Emas Putih

Jenis emas yang pertama adalah emas putih. Ini adalah jenis emas yang banyak diminati dan terkenal sebagai perhiasan. Bahkan, bagi beberapa orang, ia seperti primadona tersendiri. Emas putih ini terdiri atas jenis logam yang sangat kuat dengan dilengkapi warna keperakan. Namun, untuk pembuatannya sendiri adalah dari emas murni, perak murni atau timah sari.

2. Emas Kuning

Selanjutnya adalah emas kuning yang memiliki warna kuning. Jenis emas ini termasuk emas yang paling populer di kalangan masyarakat. Dan emas ini mayoritasnya dipakai untuk perhiasan. Pembuatan emas kuning sendiri terdiri dari adanya pencampuran logam antara emas yang murni dengan perak yang murni pada kadar tertentu dari masing-masing jenisnya.

3. Emas Merah

Istilah emas merah memang bukan jenis emas yang sering didengar. Namun, ini menjadi salah satu jenis emas yang bisa dijadikan sebagai objek investasi. Emas ini memiliki warna merah tipe kulit apel semi merah muda. Warna emas ini didapatkan dari perpaduan antara emas dengan tembaga. Warna emas ini tergolong unik dengan harga yang relatif mahal.

4. Emas Biru

Tidak hanya itu, ada lagi jenis emas berikutnya yang dikenal dengan emas biru. Emas ini tidak termasuk jenis batuan mahal yang diproses untuk aksesoris. Emas jenis ini dirancang dari bahan logam. Antara lain adalah logam jenis besi murni dan emas murni kemudian dicampur dengan kadar tertentu.

Tips Investasi Emas

Emas Antam

Karena memiliki nilai khusus yang tidak akan menurun dari masa ke masa, emas sangatlah penting untuk dijadikan sebagai bahan investasi. Namun, investasi emas tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Melainkan ada beberapa tips penting yang wajib dipahami. Berikut ini adalah beberapa tips investasi emas yang bisa dijadikan rujukan.

1. Tentukan Tujuan Anda Berinvestasi

Tips pertama yang wajib diperhatikan saat investasi emas adalah dengan memastikan tujuan investasi lebih dulu. Misalnya Anda sedang ingin membeli mobil di 5 tahun ke depan, untuk membeli rumah 10 tahun lagi, dll maka itu tandanya sudah ada tujuan khusus. Selanjutnya, setelah tujuannya jelas langkah berikutnya adalah cek harga dari emas. Usahakan membeli emas saat harganya turun.

2. Tentukan Jenis Emas yang Akan Dibeli dan Dimana Akan Membeli

Selanjutnya, Anda juga harus memastikan terlebih dahulu emas apa yang akan dijadikan investasi. Ini akan memudahkan penentuan dimana emas tersebut akan dibeli. Ingat, dalam memilih jenis emas, pastikan Anda memilih emas yang prospeknya menjanjikan. Misalnya Emas Antam. Emas Antam adalah salah satu emas yang di akui di Indonesia dan dapat dijual dimana saja dengan mudah.

3. Pastikan Emasnya Asli

Tips berikutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah memastikan bahwa emas tersebut merupakan jenis emas yang asli. Dan jangan lupa pula untuk menyimpan emas di tempat yang aman agar dapat meminimalisir kerugian akibat hilang atau pencurian.

Cara Membeli Emas

Saya sudah melakukan investasi emas sejak beberapa tahun lalu, dan dari pengalaman tersebut saya merekomendasikan:

Belilah Emas Secara Online

Belilah emas secara online di situs terpercaya, misalnya BukaEmas di Bukalapak. Kenapa harus membeli online?

Jika Anda membeli emas secara offline maka Anda diharuskan membeli sesuai cetakan-cetakan yang telah ditentukan. Misalnya harus membeli 5 gram, 10 gram, dll. Padahal terkadang uang yang kita miliki hanya mampu untuk membeli 1 gram emas. Selain itu juga membeli offline cenderung lebih mahal, karena akan dikenakan biaya cetak emas.

Nah disinilah keunggulan membeli online. Anda bisa membeli emas sesuai budget yang Anda miliki. Nantinya jika sudah mencukupi berat tertentu Anda bisa putuskan untuk mencetaknya ataupun tidak. Selain itu pula, membeli online akan memudahkan Anda jika ingin menjual emas itu kembali.

Emas merupakan sejenis barang berharga yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Selain itu, emas juga akan mempengaruhi penampilan dan keindahan diri manusia. Oleh karena itu, keberadaannya selalu dicari. Khususnya untuk solusi mudah investasi di era yang serba modern seperti sekarang. Selamat berinvestasi!

Tinggalkan komentar